Main Course 454 results

Yamie Ayam

Yamie ayam itu sejenis mie ayam ala Chinese. Biasanya dibuat dari homemade mie. Disajikan dengan kuah dan variasi topping tambahan seperti bakso, bakso goreng, pangsit goreng atau basah. Hari ini saya buat dengan bakso dan pangsit goreng. Kalau orang Cina, mereka menambahkan minyak babi tetapi saya ganti dengan minyak ayam yang dibuat dari gorengan kulit ayam. Jadi lebih gurih rasanya. Bahan: 350-400 gram daging ayam cacah (saya biasa beli 500 gram dan saya ambil 125 gram untuk membuat ...

Pangsit Goreng untuk Mie Ayam

Dikasi dari Bandung, kulit pangsit. Langsung pengen buat pangsit goreng dan yamie ayam. Enakk bangetttttttt.... Yang suka bingung gimana bentuk pangsit goreng, yuk ikutin video step by step nya. Semoga membantu yaaa Bahan: 125 gram daging ayam cacah 2-3 sdm irisan daun bawang 2 siung bawang putih, haluskan 1 sdt kecap asin Garam dan merica secukupnya 1 sdt minyak wijen 1/2 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk 20 lbr kulit pangsit untuk pangsit goreng 1 butir putih telur, untuk lem C...

Brongkos

Di Surabaya ada rawon yang menggunakan kluwek, sedangkan di Yogyakarta juga ada yang menggunakan kluwek yaitu Brongkos. Yuk dicoba sahabat Cooking with Sheila... Bahan: 300 gr daging sapi bagian kisi/ sengkel 150 gr daging sapi bagian sandung lamur 4 btr telur ayam, rebus dan kupas 2 bh tahu putih, @ belah menjadi 4 10 bh tahu pelempung (yang sudah digoreng) 50 gr daun melinjo 100 gr kacang tolo kering 50 gr kulit melinjo 5 bh cabai rawit hijau ½ btr kelapa, parut dan peras ...

Ayam Garang Asem Bersantan

Beberapa lama yang lalu saya share Ayam Garang Asem tanpa santan. Kali ini saya tambahkan santan. Jadi rasanya gurih dari santannya. Bagi sahabat yang belum pernah mencoba garang asem, garang asem ini adalah ayam berkuah aromatik yang dikukus dalam daun pisang. Kebayangkan rasanya yang pedas, asam, asin, gurih dan wangi dari daun pisang juga bumbu-bumbu. Bisa di masak tanpa harus dibungkus daun pisang tetapi kalau dikukus dengan daun pisang lebih wangi dan khas aromanya. Pilih daun pisang yang ...

Sup Manten

Disebut sup manten karena sup ini banyak disajikan saat ada “mantenan” alias pernikahan. Isinya beraneka dari sayuran, daging ayam, sosis, bakso rambutan, dan rolade. Kuahnya mirip sup ayam bening yang segar. Cocok disajikan dengan perkedel dan sambal terasi mentah. Bahan: 1 ekor dada ayam kampung (200 gram untuk bakso rambutan) 1 kaleng sosis sapi, potong bulat  1 buah wortel, kupas dan bentuk seperti bunga dan iris tipis 2 mm kemudian rebus ½ buah bunga kol, potong ...

Nasi Kuning Rice Cooker

Beberapa minggu yang lalu, ada sahabat Cooking with Sheila yang tanya nih sama saya. Kenapa sih kalau masak nasi kuning, nasi uduk atau liwet dalam rice cooker suka tidak matang berasnya? Apa sih tips nya? Berikut nih tips dari saya. Dijamin matang. Rahasianya adalah kalau saya dimasak dua kali. Pertama dimasak hanya dengan air. Kemudian tambahkan santan kental dan masak sekali lagi. Dijamin beras matang dan pulen. Kemudian, ada yang tanya lagi nih. Mba, gimana kalau warna nya pucat kuningnya ...

Mie Ongklok dan Tempe Mendoan 

Alm. Mama saya sering menghabiskan waktunya di kota Wonosobo sejak kecil. Jadi keluarga saya sedikit banyak mengenal makanan khas disana dan salah satunya adalah Mie ongklok. Wajib dicoba kalau sedang berkunjung di sana. Mie ini sausnya kental dengan rasa ebi dan manis. Disajikan bersama daun kol, kucai, suwiran ayam goreng, bawang goreng dan tidak lupa tempe mendoan nya yang garing dan masih panas. Bahan: 1 bks mi kering telur yang bentuknya pipih 5-6 lbr kol putih, potong kotak ukuran ...

Pindang Udang

Papa saya berasal dari Jawa Timur dan pindah ke Yogyakarta setelah menikah dengan mama saya yang asli Yogyakarta. Untuk mengobati rasa rindu terhadap masakan Jawa Timur, mama sering belajar memasak dari oma. Berikut salah satu menunya, Pindang Udang. Pindang Udang sangat mudah dan cepat membuatnya dan disajikan dengan Perkedel teri atau jagung. Kuah pindang ini asam, manis dan asin. Kalian yang suka Tom Yum Goong, wajib coba deh. Sangat segar dan makannya dicocol sambal petis yang menjadi ...

Nasi Goreng Jawa

Menu ini menu pertama yang alm. mama ajarkan ke saya. Entah umur berapa saya mulai belajar dengan melihat mama memasak nasi goreng. Saya duduk di meja dapur di samping mama persis. Saya melihat mama asyik memasak tanpa takaran pasti. Tangan mama menari dengan lincah tanpa keraguan. Saya jatuh cinta dengan memasak sejak itu. Mama yang memperkenalkan saya dengan dunia memasak dan mama juga yang mengajari saya. Beberapa kali setelah saya menonton mama memasak menu ini, akhirnya saya memberanikan ...

Tumis Bunga Pepaya Manado

Tiap makan di resto Manado selalu pesan ini. Ternyata di pasar dekat rumah banyak juga yang jual bunga pepaya. Masaknya juga gampang banget, tinggal rebus dan tumis. Bunga pepaya rasanya agak pahit dan bergetah. Jadi rebus dulu dengan air garam yah. Banyak yang tambahkan daun jambu saat rebus tetapi warnanya berubah jadi kemerahan. Saya kurang suka warnanya jadi tidak hijau segar. Jadi saya sih pakai air garam saja. Bahan: 300 gram Bunga Pepaya, petik dan buang batangnya 1 ikat kangkung, ...